Ulasan 2: Link Allocation of Disk Space

Video berjudul Link Allocation of Disk Space diunggah oleh channel bernama Muhammad Rafie. Video ini dipublikasikan pada tanggal 27 Apr 2016. Video berdurasi 6 menit 14 detik ini telah ditonton sebanyak 1,091  kali.

File Allocation Table (FAT) adalah salah satu implementasi dari linked allocation. FAT memiliki sebuah entri untuk setiap disk block dan diindekskan oleh nomor block. Untuk mengalokasikan block baru ke sebuah file kita harus mencari table entry yang bernilai 0, kemudian mengganti nilai end-of-file sebelumnya dengan alamat dari block baru. Keuntungan dari FAT adalah adanya peningkatan dari random-access time.

Keuntungan dari linked allocation antara lain tidak membutuhkan external fragmentation, setiap free blocks dalam free list bisa digunakan untuk memenuhi request untuk disk space, ukuran file tidak perlu dideklarasikan ketika file dibuat, dan sebuah file dapat terus berkembang selama free blocks ada. Kekurangannya adalah hanya dapat digunakan secara efektif untuk akses file secara sekuensial, disk space dibutuhkan untuk menyimpan block pointers, sebuah pointer yang rusak dapat membuat seluruh disk blocks tidak dapat diakses.

Menurut saya, video mengenai Link Alloction of Disk Space ini kurang dalam hal elaborasi ketika menjelaskan konten. Sehingga pembuat konten cenderung hanya membaca apa yang ada pada slide tanpa menjelaskan lebih lanjut mengenai poin-poin yang ada pada slide presentasi tersebut. Selain itu, video juga cenderung monoton karena hanya menampilkan slide powerpoint yang kebanyakan isinya adalah tulisan. Namun isi dari videonya cukup mudah dipahami.


Github Account : sarahsdf
URL Ulasan : http://sarahdf-os171.blogspot.com/2017/05/ulasan2.html
URL Video : https://youtu.be/AjL0HYaxVG0
Video Author : Muhammad Rafie
Pemetaan: week09
Revisi Pertama: 17 Mei 2017
Revisi Terakhir: 20 Mei 2017

Comments

Popular posts from this blog

Ulasan 1: Multiprocessor Scheduling

Ranking 00