Ulasan 1: Multiprocessor Scheduling

Video berjudul W5 L3 Multi-Processor Scheduling  diunggah oleh channel bernama NOC16 July-Sep CS10. Video ini dipublikasikan  pada tanggal 14 Agustus 2016. Video berdurasi 9 menit 57 detik ini telah ditonton sebanyak 3,196 kali.

Dalam video ini dijelaskan bahwa algoritma scheduling akan memilih sebuah proses untuk dieksekusi bagi CPU. Salah satu scheduling schema paling sederhana adalah adanya sebuah single dedicated CPU untuk menjalankan scheduler. Scheduler ini akan menentukan proses mana yang harus dijalankan pada CPU tertentu. Selain itu, terdapat Symmetrical Scheduling Scheme, dimana CPU akan menjalankan schedulernya masing-masing dan saling independen satu sama lain.

Ada tiga varian dari symmetrical scheduling scheme, yaitu dengan Global Queue, Per CPU Queue dan Hybrid Approach. Pada Symmetrical Scheduling Scheme dengan Global Queue ada tepat satu queue dari ready processes yang dibagikan diantara seluruh processors dan tiap CPU akan melihat global queue untuk menentukan proses mana yang akan dijalankan selanjutnya. Jenis lain dari Symmetrical Scheduling adalah Per CPU, dimana setiap CPU memiliki memiliki queue dari ready processorsnya sendiri dan hanya perlu melihat queue nya sendiri untuk menentukan process mana yang harus dieksekusi selanjutnya. Yang terakhir adalah dengan hybrid approach yang menggunakan local dan global queue.

Menurut saya, video mengenai multiprocessor scheduling ini cukup bagus dan membantu saya dalam memahami multiprocessor scheduling. Hal ini karena video disampaikan dengan padat dan jelas pada waktu yang tidak terlalu lama. Pemaparan konten video juga disertai dengan ilustrasi dari setiap multiprocessor scheduling sehingga tidak membosankan untuk ditonton.


Github Account : sarahsdf
URL Ulasan : http://sarahdf-os171.blogspot.com/2017/05/ulasan1.html
URL Video : https://youtu.be/4FO7WlYOBP4
Video Author : NOC16 July-Sep CS10
Pemetaan: week08
Revisi Pertama: 17 Mei 2017
Revisi Terakhir: 20 Mei 2017

Comments

Popular posts from this blog

Ulasan 2: Link Allocation of Disk Space

Ranking 00